Visual Basic 6 – Membuat Program Data Penjualan – Latihan1

Pemrograman Visual Basic adalah suatu jenis OOP (Object Oriented Programming) yaitu sebuah pemrograman yang bebasis objek.

Pembuatan program dengan Visual Basic sangat tergantung kepada software Visual Basic produk dari Microsoft itu sendiri. Tanpa program yang ini, pemrograman visual basic tidak bisa dilaksanakan.

Setelah selesai instalasi Microsoft Visual Basic, kita jalankan program melalui Start – All Program – Microsoft Visual Basic – Microsoft Visual Basic. Microsft VB6 bisa diinstall pada Windows 7 dengan kecenderungan kinerjanya agak lambat, dibanding VB diatas Microsoft XP atau Vista. Itu karena Microsoft VB versi 6 dirilis sebelum Windows 7 lahir.

Setelah dijalankan VB 6, maka kita akan dihadapkan pada pilihan projek apa yang akan dibuat. Untuk saat ini kita pilih saja ‘Standard.exe’.

Menu-menu pilihan pada Menu Utama mirip dengan menu-menu aplikasi buatan Microsoft pada umumnya. Di bagian kiri disediakan menu Tool Box. Jika menu ini tertutup, maka untuk memunculkannya klik menu View, pilih Toolbox.

Disebelah kanan disediakan menu Project Explorer, Properties Window dan Form Layout Window. Jika menu-menu tersebut tidak muncul, kita klik menu View dan klik pada menu yang akan ditampilkan.

Pada saat dipilih new project, maka akan muncul secara otomatis Project1 dan Form1. Berangkat dari Form1 inilah program VB dimulai.

Mari kita mulai membuat program dengan VB yang paling sederhana yaitu Form Data Penjualan. Hasil akhir dari program ini seperti gambar berikut ini.

Pertama, kita klik form yang ada dilayar, lalu lihat dibagian kanan. Pada Properties kita ganti entry (Name) dengan FrmJual dan  Captionnya PT ADIDAYA Computer Bandung. Untuk background (BackColor) pilih warna yang Anda sukai.

Selanjutnya, kita buat sebuah Label untuk judul form. Klik pada pada Label Icon disebelah kiri berbentuk huruf A. Lalu klik dan kilik lalu tarik diatas form tadi untuk membuat sebuat kotak untuk labelnya. Klik lagi label yang sudah terbentuk lalu edit Propertiesnya dengan: Alignment : Center, Backcolor: apa saja, BorderStyle : Fixed Single, Caption : DATA PENJUALAN, Font : Arial Bold 22.

Berikutnya buat sebuah kotak dengan Shape yang kira-kira memuat empat buah label. Setelah itu pilih icon Label lagi dan buat empat buah label. Lihat contoh. Atur properties untuk masing-masing label dengan aturan berikut:
Label ke-1: Caption: No Faktur, BackStyle: Transparant, Font: Arial, Bold, 12.

Label ke-2: Caption: Nama Pembeli, BackStyle: Transparant, Font: Arial, Bold, 12.

Label ke-3: Caption: Jumlah Unit, BackStyle: Transparant, Font: Arial, Bold, 12.

Label ke-4: Caption: Harga Satuan, BackStyle: Transparant, Font: Arial, Bold, 12.

Selanjutnya buat sebuah kotak lagi dengan Shape yang kira-kira memuat tiga buah label, lalu buat tiga buah label. Lihat contoh. Atur properties untuk masing-masing label dengan aturan berikut:
Label ke-1: Caption: Nilai Penjualan, BackStyle: Transparant, Font: Arial, Bold, 12.
Label ke-2: Caption: Diskon, BackStyle: Transparant, Font: Arial, Bold, 12.
Label ke-3: Caption: Nilai Bayar, BackStyle: Transparant, Font: Arial, Bold, 12.

Buat juga kotak dengan Shape tempat untuk menyimpan Bonus Penjualan, lalu pasang label baru dengan caption BONUS PENJUALAN. Dibawahnya dibuat 3 buah Button, Hitung, Hapus dan Keluar. Name untuk Hitung adalah CmdHitung, untuk Hapus CmdHapus dan untuk Tutup adalah CmdTutup. Properties Shape dibuat Shape : Rounded Rectangle.

Langkah selanjutnya membuat Textbox untuk masing-masing label yang sudah kita buat. Textbox adalah tempat kita mengisikan data untuk ditampilkan atau diolah untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan. Nilai Penjualan adalah Jumlah Unit kali Harga Satuan, Diskon sebesar 15% jika Jumlah Unit lebih atau sama dengan 12, Nilai Dibayar adalah Nilai Penjualan dikurangi Diskon. Bonus Penjualan adalah berupa “Payung” Jika Nilai Dibayar lebih atau sama dengan Rp. 1 juta.

Setelah dibuat Textbox untuk masing-masing label tadi, mari kita edit propertiesnya. Pada properties windows hapus Text untuk semua textbox yang dibuat dan khusus untuk Jumlah Unit sampai Nilai Dibayar, properties textbox dibuat Alignment nya : Right Justify. Name untuk masing-masing textbox mulai dari atas : TxtFaktur, TxtNama, TxtUnit, TxtHarga, TxtJual, TxtDiskon, TxtDibayar dan TxtBonus.

Sekarang kita membuat formula perhitungannya. Double click pada button “Hitung” maka akan muncul halaman penulisan Code, lalu isikan perintah-perintah dibawah ini:

Private Sub CmdHitung_Click()

‘Nilai adalah = Jumlah Unit x harga/unit
TxtNilai.Text = TxtUnit.Text * TxtHarga.Text

‘Diskon hanya diberikan jika pembelian 12 unit atau lebih
If TxtUnit.Text >= 12 Then
TxtDiskon.Text = 15 / 100 * TxtNilai.Text
Else
TxtDiskon.Text = 0
End If

‘Nilai Dibayar = Nilai dikurangi Diskon
TxtDibayar.Text = TxtNilai.Text – TxtDiskon.Text

‘Bonus penjualan diberikan jika jumlah dibayar >= satu juta
If TxtDibayar.Text >= 1000000 Then
TxtBonus.Text = “Payung”
Else
TxtBonus.Text = “Tidak Dapat”
End If
End Sub

Selanjutnya double click pada tombol Hapus, lalu isikan perintah-perintah dibawah ini:

Private Sub CmdHapus_Click()
TxtFaktur.Text = “”
TxtNama.Text = “”
TxtUnit.Text = “”
TxtHarga.Text = “”
TxtNilai.Text = “”
TxtDiskon.Text = “”
TxtDibayar.Text = “”
TxtBonus.Text = “”
End Sub

Terakhir double click pada tombol  Tutup, isikan baris-baris berikut:

Private Sub CmdTutup_Click()

‘Munculkan pesan/pertanyaan “Apakah mau keluar?” dengan pilihan OK/Cancel
Pesan = MsgBox(“Apakah mau Keluar?”, vbOKCancel)
If Pesan = 1 Then    ‘Jika tombol Ok yang dipilih
Unload Me         ‘Tutup program
End If
‘Bisa juga tanda end if jika perintah Unload Me ditulis satu baris dengan If.
‘If Pesan = 1 Then Unload Me

End Sub

Nah…. selesai, save dulu program dengan menekan tombul Save (bergambar disket) lalu jalankan program dengan menekan anak panah kanan. Jika ada kesalahan coba teliti Name masing-masing label, dan penulisan program diatas. Jika program sudah berjalan tanpa ada kesalahan, kita bisa mengkompile program untuk dijadikan exe file melalui menu File – Make.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: